Cara Mengatur dan Mencegah Kehamilan Yang Belum Diinginkan

Mulailah dengan mendidik diri Anda tentang bagaimana kehamilan dimulai. Pria menghasilkan suatu zat dari dalam tubuhnya yang disebut dengan semen, yang dikeluarkan melalui penis. Zat ini akan disimpan di dalam vagina wanita melalui hubungan seks. Wanita hanya kadang-kadang memiliki sel telur di dalam rahimnya, dan sel telur tidak selalu mendapatkan apa yang dibutuhkan dari semen.

Inilah sebabnya wanita tidak selalu hamil setiap kali berhubungan seks. Banyak studi telah menemukan bahwa semakin banyak Anda tahu tentang cara kerja seks dan kehamilan, semakin baik Anda dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan seks.



Ada banyak sekali mitos tentang terjadinya kehamilan. Jika Anda mengetahui kebenaran dan fakta yang ada, Anda akan mampu melindungi diri dengan lebih baik. Lebih baik jika Anda tidak berhubungan seks dahulu hingga Anda memiliki perlindungan yang layak, daripada mengambil risiko untuk hamil.

Mitos
  • Anda tidak akan hamil jika berhubungan badan dalam masa menstruasi.Tubuh biasanya akan melepaskan sel telur di tengah masa menstruasi, tetapi banyak wanita yang dapat mengalami pelepasan sel telur kapan saja dalam siklus menstruasi. Faktanya, cara ini mungkin lebih sering membuat beberapa wanita hamil, jadi jangan bergantung pada mitos ini.
  • Anda tidak akan hamil jika si pria mengeluarkan sperma di luar vagina saat berhubungan seks. Ini adalah cara berhubungan seks dengan pria mengeluarkan penisnya dari dalam vagina wanita sebelum si pria ejakulasi atau orgasme (lalu mengeluarkan semen). Masalahnya adalah sebelum ejakulasi, penis juga melepaskan cairan yang dapat membuat wanita hamil! Cara ini sangatlah tidak dapat diandalkan untuk kebanyakan orang, dan kemungkinan hamil dengan cara ini adalah sekitar 30%.
  • Anda akan hamil jika Anda melakukan (suatu hal tertentu) setelah berhubungan seks. Melompat-lompat ("jumping jack"), membersihkan vagina dengan air, mandi, buang air kecil, makan makanan tertentu: apa pun itu, hal-hal tersebut tidak akan mencegah Anda untuk hamil.
  • Anda tidak akan hamil jika berhubungan seks dengan posisi atau di tempat tertentu. Tidak peduli meskipun Anda berhubungan seks di kolam renang/bak air panas atau wanita berada di posisi atas ketika melakukannya, jika penis masuk ke dalam vagina, kehamilan bisa terjadi.

Kontrasepsi Sederhana
  • Pantang Berkala
Sering disebut dengan metode kalender kesuburan, adalah pencegahan kehamilan dengan cara tidak melakukan senggama (hubungan seksual) pada saat perempuan dalam masa subur. Diperlukan kerjasama dan pengertian yang baik antara pasangan.
Kelemahannya : tidak semua perempuan mengetahui kapan masa suburnya, banyak perempuan yang haidnya tidak teratur, sehingga memungkinkan ada kesalahan dalam menghitung masa subur.
  • ASI (Amenore Laktasi)
Cara KB ini bersifat sementara (6 bulan pertama sejak persalinan) yang juga menunjang upaya pemberian ASI. Cara ini adalah memanfaatkan ketidaksuburan alamiah karena pemberian ASI. Hisapan bayi sewaktu menyusui menimbulkan efek yang menekan produksi hormon yang diperlukan bagi ovulasi. Tanpa ovulasi kehamilan tidak mungkin terjadi. Tetapi cara ini tidak dijamin keberhasilannya walaupun ASI tetap diberikan sebelum memberi makanan tambahan dan frekuensi pemberian ASI (menyusui) masih tetap tinggi.
  • Kondom
Adalah sarung karet tipis berbentuk silinder yang dipakai (disarungkan) pada alat kelamin laki-laki ketika bersenggama, atau berbentuk bulat spon yang dimasukkan kedalam vagina jika yang memakai perempuan. Kondom selain mencegah kehamilan, juga mencegah penularan infeksi menular seksual (IMS).

Kegagalan dapat terjadi jika kondom dipakai saat sperma sudah keluar atau tumpah, atau tidak segera dikeluarkan waktu penis telah lemas, jika kondom robek. Sehingga jika menggunakan kondom harus diperhatikan cara pemakaiannya.

Bagaimana, sudah mulai menentukan kah mana cara yang akan dipakai? Tentukan pilihanmu dengan pasanganmu, sehingga kalian berkomitmen untuk merencanakan masa depan secara bersama-sama. Semoga Bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitos Atau Fakta Mr. P Berukuran Kecil Tanda Pria Kurang Subur ?

Cara Populer Untuk Mengatasi Masalah Ejakulasi Dini Pria

Menjalin Komunikasi seks dengan pasangan Merupakan Hal Yang Wajib Dilakukan